Kontestasi Marketplace di Indonesia pada Era Pandemi: Analisis Strategi Promosi Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Authors

  • Doli Witro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Izazi Nurjaman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dena Ayu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Camelia Sofwan Al-Rasyid UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.53491/oikonomika.v2i2.178

Keywords:

Kontestasi, Marketplace, Belanja Online, Pemulihan Ekonomi

Abstract

Berbagai promo dan iklan yang ditawarkan marketplace berimplikasi terhadap minat masyarakat untuk belanja online. Dengan berbagai macam promo dan iklan tersebut, terlihat adanya kontestasi antar marketplace untuk menarik minat pembeli, baik Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Penelitian ini membahas tentang kontestasi antar marketplace dalam melakukan promo dan iklan dalam dunia digital pada era pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontestasi yang terjadi antara berbagai macam marketplace dalam melakukan strategi promo maupun iklan di dunia digital. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis yang dikenalkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kontestasi marketplace yang sudah tersistem menjadi sebuah kontestasi yang positif dalam rangka mempertahankan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat di era pandemi saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berwirausaha.net. (n.d.). Siapa Pemilik dan Pendiri Blibli, ini Jawabannya. Retrieved August 16, 2021, from https://www.berwirausaha.net/2019/03/siapa-pemilik-dan-pendiri-blibli-ini-jawabannya.html/

Busni, D., Witro, D., & Purwaningsih, R. F. (2021). The Reconstruction of Mental Revolution Concept towards COVID-19. JSW (Jurnal Sosiologi Walisongo), 5(2), 127–142. https://doi.org/10.21580/jsw.2021.5.2.6494

CNNIndonesia.com. (2017). Chairul Tanjung Ingatkan Dua Dampak Negatif e-Commerce. Retrieved August 16, 2021, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170404132917-92-204829/chairul-tanjung-ingatkan-dua-dampak-negatif-e-commerce

Dmo.or.id. (2021). 3 Bersaudara Pemilik Lazada dan Kisah Awal Mula Bisnisnya. Retrieved August 16, 2021, from https://www.dmo.or.id/pemilik-lazada-dan-kisah-bisnisnya/

Fauziah, F. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.792

Gamayanto, I. (2018). Pengembangan strategi e-commerce dan CRM pada Lazada . com dalam menghadapi globalisasi The Development of e-commerce and CRM strategy on Lazada . com to face the globalization. Jurnal Ilmiah Sisfotenika, 8(2), 153–165. https://doi.org/10.30700/jst.v8i2.407

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i1.18112

Ilearning.me. (2014). Dampak Positif dan Negatif E-Commerce. Retrieved August 16, 2021, from https://pl701.ilearning.me/2014/02/24/dampak-positif-dan-negatif-e-commerce-endah-nirmala-dewi/

Ishak, A. (2012). Analisis Kepuasan Pelanggan dalam Belanja Online: Sebuah Studi tentang Penyebab (Antecedents) dan Konsekuensi (Consequents). Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 141–154. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/3297

Isparwati, R. (n.d.). Sejarah & Profil Perusahaan Shopee: Kapan Berdiri, CEO, Alamat Kantor. Retrieved August 16, 2021, from https://riniisparwati.com/profil-perusahaan-shopee/

Janah, F. N., Wahyuningsih, G., & Pusparini, M. D. (2019). Strategi Promosi Tokopedia Dalam Perspektif Hukum Islam. At-Thulab Jurnal, 1(1), 90–100. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/13250

Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia. Prologia, 4(2), 280–287. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6504

Klikmania.net. (n.d.). Strategi Bisnis Bukalapak dalam Mengembangkan Jaringan. Retrieved August 16, 2021, from https://www.klikmania.net/strategi-bisnis-bukalapak/

Lupi, F. R., & Nurdin. (2016). Analisis Strategi Pemasaran dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia.Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–31. Retrieved from https://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/43

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. California: SAGE Publications, Inc.

Musta’idah, D. A., Azizah, Y. H., Witro, D., Ayu, D., & Nurjaman, M. I. (2021). Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Coklat Silver Queen Block dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Al-Amwal: Journal of Islamic Economic Law, 6(2), 40–57. https://doi.org/10.24256/alw.v6i2.2376

Nanda, A. Y. (2018). Analisis Strategi Pemasaran yang Efektif bagi Pengguna E- Commerce. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(1), 11–19. https://doi.org/10.15642/manova.v1i1.346

Nurasih, W., Rasidin, M., & Witro, D. (2020). Islam dan etika bermedia sosial bagi generasi milenial: Telaah surat al-’Asr. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 16(1), 149–178. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.Vol16.Iss1.194

Pranataprinting.com. (n.d.-a). Sejarah Singkat Perusahaan Bukalapak Dan Perkembangannya. Retrieved August 16, 2021, from https://www.pranataprinting.com/sejarah-singkat-perusahaan-bukalapak-dan-perkembangannya/

Pranataprinting.com. (n.d.-b). Sejarah Singkat Tokopedia Di Indonesia. Retrieved August 16, 2021, from https://www.pranataprinting.com/sejarah-singkat-tokopedia-di-indonesia/

Rasidin, M., Sidqi, I., & Witro, D. (2020). Drop shipping in Islamic economic law perspective: E-commerce study inter marketplace drop ship in the industrial revolution era 4.0. Nurani, 20(1), 97–106. https://doi.org/10.19109/nurani.v20i1.6029

Rasidin, M., Witro, D., Yanti, B. Z., Purwaningsih, R. F., & Nurasih, W. (2020). The role of government in preventing the spread of hoax related the 2019 elections in social media. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.76

Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.Co.Id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24198/jkk.v4i1.6179

Salsabila Putri, A., & Zakaria, R. (2020). Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 1–14. Retrieved from https://idec.ft.uns.ac.id/prosiding-2020

Septani, D., & Vanel, Z. (2021). Strategi Promosi lazada . co . id dalam Menarik Minat Belanja Online Mahasiswa Public Relations Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Impresi, 1(2), 125–145. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/impresi/article/view/Dian Septiani%3B Zon Vanel

Shopee.co.id. (n.d.). Program Promosi dan Layanan Shopee. Retrieved August 16, 2021, from https://seller.shopee.co.id/edu/courseDetail/289

Sidqi, I., Inayah, Z., Sari, S. I., Rasidin, M., & Witro, D. (2021). Policy for Providing Assistance for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the Covid-19 Pandemic Era (Maslahah Review of Government Policies). Jurnal Hukum Ekonomi Islam, 5(1), 44–57. Retrieved from https://jhei.appheisi.or.id/index.php/jhei/article/view/80

Sidqi, I., & Witro, D. (2021). Kebijakan Politik Hukum Penanganan Covid-19 Dalam Perspektif Maqashid Al-Syari’Ah. Mahkamah : Jurnal Kajian Hukum Islam, 6(1), 16–29. https://doi.org/10.24235/mahkamah.v6i1.7644

Swa.co.id. (2019). Tokopedia Fokus Tingkatkan Layanan Konsumen. Retrieved August 16, 2021, from https://swa.co.id/swa/trends/tokopedia-fokus-tingkatkan-layanan-konsumen

Tempo.co. (2016). Begini Strategi Khusus Marketing Ala Bukalapak.com. Retrieved August 16, 2021, from https://tekno.tempo.co/read/746612/begini-strategi-khusus-marketing-ala-bukalapak-com

Viendyasari, M. (2018). Peran Divisi Trade Partnership pada Pelaksanaan E-Commerce Bibli.com (PT Global Digital Niaga). Jurnal Vokasi Indonesia, 6(2), 8–18. https://doi.org/10.7454/jvi.v6i2.130

Witro, D., Putri, L. A., & Oviensy, V. (2019). Kontribusi Media Sosial Terhadap Produktivitas Karyawan Generasi Milenial PT Perkebunan Nusantara VI Kayu Aro. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 119–125. https://doi.org/https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2492

Yusuf, M., Zuzana, M., & Witro, D. (2020). Literacy education urgency for centennial generation in industrial revolution 4.0. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol9.Iss2.61

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Witro, D., Nurjaman, M. I., Ayu, D., & Al-Rasyid, C. S. (2022). Kontestasi Marketplace di Indonesia pada Era Pandemi: Analisis Strategi Promosi Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 33-42. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v2i2.178